REKRUITMEN PT. PAPUA AGRO LESTARI

 

 

Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Papua Agro Lestari, merupakan anak perusahaan dari PT. Korindo Grup, bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Musamus melakukan rekruitmen kepada lulusan Fakultas Pertanian Universitas Musamus. Rekruitmen yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 September 2019 di ruang rapat dekanat, yang di hadiri oleh Deputy General Manager PT. Papua Agro Lestari Sabara Dawenan, S.E., M.Si, Dekan Fakultas Pertanian Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si., Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian Devota Ikanubun, S.E, M.M serta 13 lulusan Fakultas Pertanian Universitas Musamus.

 

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Pertanian berharap agar PT. Papua Agro Lestari tetap menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan program rekruitmen calon karyawan bagi lulusan pertanian Universitas Musamus. Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si menyampaikan bahwa tes ini dilaksanakan secara objektif dan bagi  para calon karyawan untuk tetap tenang, percaya diri dan lalukan yang terbaik.   

Sabara Dawenan, S.E., M.Si mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Pertanian Universitas Musamus yang telah memfasilitasi tempat pelaksanaan rekruitmen. Dalam sambutnya, ia menjelaskan bahwa rekruitmen ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga mandor di lapangan pada perusahaannya dan ia berharap bahwa lulusan Fakultas Pertanian Universitas Musamus pasti mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kerjasama PT. Papua Agro Lestari dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Musamus memudahkan para alumni dalam mencai pekerjaan.

Selain itu dalam sambutanya Sabara Dawenan, S.E., M.Si sangat menginginkan bahwa calon karyawan sebagai pembaharu yang didatangkan, beliau juga menjelaskan bahwa yang dihadapi saat di kebun nanti sangatlah kompleks dan berbeda dari kenyataan, sehingga ada dua karyawan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Musamus yaitu Rofiq Mulyais dan Charles Masela masih terus dibimbing olehnya untuk mampu menghadapi kondisi yang kompleks. Sabara Dawenan, S.E., M.Si juga menyampaikan bahwa hal tersebut bukan maksud untuk menakuti peserta tetapi menyiapkan mental dan mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Bertempat di ruang rapat dekanat Deputy General Manager mengadakan psikotes sebagai salah satu syarat untuk bekerja di PT. Papua Agro Lestari. Psikotes ini diikuti oleh 15 calon karyawan, Tujuan dari adanya psikotes ini  untuk mengetahui laporan terkait profil kerja  individu peserta. Tes psikotes ini terdiri dari tes inteligensi, tes kepribadian, dan tes bakat minat. Menurut Sabara Dawenan, S.E., M.Si, bahwa tes kepribadian merupakan nilai yang dominan dibandingkan dengan tes yang lain.

 

YUDISIUM FAKULTAS PERTANIAN

SEMESTER GANJIL TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Pada hari Jumat tanggal 20 September 2019 menjadi hari yang bersejarah bagi mahasiswa Jurusan Agroteknologi, Teknik Pertanian, Peternakan dan Agribisnis. Sebanyak 11 mahasiswa peserta yudisium akan dilantik menjadi Sarjana Pertanian, Sarjana Teknik Pertanian dan Sarjana Peternakan oleh Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Musamus, di dampingi oleh para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Kepala Laboratorium  di lingkungan Fakultas Pertanian. Turut hadir pula Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian berserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si menjelaskan dari 11 mahasiswa yang mengikuti yudisium, sembilan mahasiswa yang lulus dengan predikat sangat memuaskan. Harapanya, calon wisudawan dapat segera berkiprah dan mengabdikan ilmunya di masyarakat, terutama di Merauke mengingat sebagian besar berdomisili di Merauke. Di depan para peserta yudisium, beliau mengatakan bahwa pelaksanakan rekruitmen calon karyawan PT. Papua Agro Lestari pada tanggal 14 september 2019 lalu, Pimpinan perusahan melalui Deputi General Manager PT. Papua Agro Lestari merasa sangat senang dengan Fakultas Pertanian Universitas Musamus karena kerjasama formal dan bahkan kerjsama informal yang terus dilayani serta penyerapan alumni dari Fakultas Pertanian yang besar dari PT. Papua Agro Lestari, hal inilah yang harus kita jaga untuk membangun bekerja sama yang baik kedepannya.

Selain itu dalam sambutannya, Edy H.P. Melmambessy, S.Pi., M.Si berharap lulusan Program Studi Jurusan Agroteknologi, Teknik Pertanian, Peternakan dan Agribisnis Sarjana Strata Satu Fakultas Pertanian dapat menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi tantangan di pasar kerja yang semakin kompleks dan dinamis. “Untuk menghadapi persaingan kerja, maka jangan berhenti belajar dalam meniti karier hingga mencapai puncak. Jalin komunikasi  dan silaturahmi serta jaga nama baik almamater tercinta.

Pesan Dekan Fakultas Pertanian kepada 11 peserta yudisium bahwa anda semua bisa mencapai kesuksesan karena jasa para dosen, orang tua dan semua pihak yang telah mengantarkan saudara menjadi Sarjana, setelah itu prosesi yudisium berakhir jam 16.00 WIT dilanjutkan pemberian ucapan selamat dan sesi foto bersama.

KULIAH UMUM

 JURUSAN AGROTEKNOLOGI BEKALI MAHASISWA WAWASAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Musamus, membekali para mahasiswa wawasan mengenai Revolusi Industri 4.0, dalam kuliah umum yang digelar pada Senin (4/9), bertajuk “Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0 (Kesiapan SDM Pertanian)” ini, dibawakan oleh Dosen Jurusan Agroteknologi, Dr.Ling. Irba Djaja, SP.M.Si., dan diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Jurusan Agroteknologi.

 Dalam pemaparannya, peraih gelar Doktor dari Universitas Padjajaran tersebut menjelaskan  mengenai pembangunan berkelanjutan, tahapan revolusi industri mulai 1.0 hingga revolusi industri 4.0, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi sektor pertanian di masa depan. Ia menjelaskan bagaimana pertanian 4.0 dicirikan salah satunya dengan penggunaan teknologi canggih seperti robot, sensor, bioteknologi, dan citra satelit, serta basis data yang besar (big data). Selain itu beliau  menekankan tentang pentingnya penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian, termasuk para mahasiswa Universitas Musamus, untuk menyongsong era ini. Narasumber memotivasi para mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tidak hanya di bidang pertanian, tetapi juga di bidang teknologi informasi dan komputer agar mampu merespon perubahan di era Industri 4.0 ini.

Ketua Jurusan Agroteknologi Diana Sri Susanti, SP., M.P  berharap kuliah umum ini dapat memperkaya wawasan mahasiswa mengenai kondisi pertanian saat ini dan proyeksi perkembangan teknologi pertanian di masa depan. Dengan demikian mahasiwa dapat termotivasi untuk mempersiapkan diri menghadapi perkembangan teknologi ini. Kuliah umum ini turut dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan Agroteknologi.

 

KULIAH UMUM

STRATEGI PENGELOLAAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Dalam rangka pembukaan Tahun Akademik 2019/2020, pada tanggal 11 Sepetember 2019 Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Musamus mengadakan Kuiah Umum tentang Strategi Pengolahan Pencemaran Lingkungan di Kabupaten Merauke. Kuliah Umum dengan narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke Ir. Harmini, M.Si.

Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Merauke, Ir. Harmini, M.Si, dalam penyampaian materi kuliah umum yang dihadiri Dekan, Wakil Dekan, Para dosen dan mahasiswa Jurusan Mahasiswa, perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisinis, Teknik Pertanian, Agroteknologi dan Peternakan memaparkan bagaimana cara penanggulangan pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, air dan tanah. Beliau juga menjelaskan bahwa kondisi di Merauke saat ini yang menjadi indikator utama pencemaran lingkungan adalah penanganan sampah, kebakaran hutan dan debu.

 Dalam kuliah umum ini juga Ir. Harmini, M.Si mengajak para peserta kuliah umum untuk dapat berperan aktif dalam pengelolaan pencemaran lingkungan seperti mendaur ulang sampah, memanfaatkan sampah organik, membuang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah yang mudah terurai dan sulit terurai, menggunakan pestisida sesuai dengan aturan dan menghindari penebangan pohon secara liar.

Pesan dan langkah nyata yang harus segera dijalankan oleh semua peserta kuliah umum ialah bahwa perubahan rona lingkungan akibat pembangunan ekonomi dan aktivitas industri itu merupakan sesuatu hal yang pasti terjadi. Teruslah untuk selalu menjaga, merawat dan mencintai lingkungan untuk meminimalisir resiko dan dampak pencemaran lingkungan hidup itu sendiri sehingga kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya tetap terjaga.

 Diakhir kuliah umum ini sebagai penghargaan kepada narasumber, Fakultas Pertanian memberikan Cendramata yang diserahkan langsung Wakil Dekan Fakultas Pertanian Dr. Adrianus, SP., M.P

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi maka dilakukan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Masa ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Kegiatan PKKMB diharapkan dapat menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Dengan kata lain melalui PKKMB memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Pada tanggal 15 Agustus 2019 bertempat di Aula Fakultas Pertanian telah diselenggarakan Program Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Kepada Mahasiswa Baru (PKKMB) bagi mahasiswa/i Fakultas Pertanian Universitas Musamus Merauke sejumlah 180 orang yang terdiri dari 5 jurusan yaitu jurusan Agroteknologi, Keteknikan Pertanian, Peternakan, Manajemen Sumberdaya Perairan dan Agribisnis. Program Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Kepada Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Pertanian dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Kepala Tata Usaha, Kasubag Akademik, Kasubag Umum dan Para Ketua Jurusan serta Para Kepala Laboratorium Fakultas Pertanian. Dilanjutkan dengan materi yang dibawahkan oleh Dekan Fakultas Pertanian tentang Fakultas Pertanian Universitas Musamus, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Dosen dan Tenaga Kependidikan pada setiap jurusan.

Please publish modules in offcanvas position.