Seminar Nasional Pertanian Terpadu Fakultas Pertanian Unmus
PKKMB FAKULTAS PERTANIAN TAHUN 2019
Kuliah Umum Jurusan Agroteknologi Bekali Mahasiswa Wawasan Revolusi Industri 4.0
Read more ...
Kuliah Umum Strategi Pengelolaan Pencemaran Lingkungan
Yudisium Fakultas Pertanian Semester Genap 2018/2019
Read more ...
Yudisium Fakultas Pertanian Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020
Read more ...
Laboratorium Agroteknologi
Pratikum hama pada tanaman sayuran
Pemilihan Senat Fakultas Pertanian

Kuliah Umum Strategi Pengelolaan Pencemaran Lingkungan

 

KULIAH UMUM

STRATEGI PENGELOLAAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Dalam rangka pembukaan Tahun Akademik 2019/2020, pada tanggal 11 Sepetember 2019 Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Musamus mengadakan Kuiah Umum tentang Strategi Pengolahan Pencemaran Lingkungan di Kabupaten Merauke. Kuliah Umum dengan narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke Ir. Harmini, M.Si.

Kepala Dinas Lingkungan Kabupaten Merauke, Ir. Harmini, M.Si, dalam penyampaian materi kuliah umum yang dihadiri Dekan, Wakil Dekan, Para dosen dan mahasiswa Jurusan Mahasiswa, perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan Agribisinis, Teknik Pertanian, Agroteknologi dan Peternakan memaparkan bagaimana cara penanggulangan pencemaran lingkungan meliputi pencemaran udara, air dan tanah. Beliau juga menjelaskan bahwa kondisi di Merauke saat ini yang menjadi indikator utama pencemaran lingkungan adalah penanganan sampah, kebakaran hutan dan debu.

 Dalam kuliah umum ini juga Ir. Harmini, M.Si mengajak para peserta kuliah umum untuk dapat berperan aktif dalam pengelolaan pencemaran lingkungan seperti mendaur ulang sampah, memanfaatkan sampah organik, membuang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah yang mudah terurai dan sulit terurai, menggunakan pestisida sesuai dengan aturan dan menghindari penebangan pohon secara liar.

Pesan dan langkah nyata yang harus segera dijalankan oleh semua peserta kuliah umum ialah bahwa perubahan rona lingkungan akibat pembangunan ekonomi dan aktivitas industri itu merupakan sesuatu hal yang pasti terjadi. Teruslah untuk selalu menjaga, merawat dan mencintai lingkungan untuk meminimalisir resiko dan dampak pencemaran lingkungan hidup itu sendiri sehingga kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya tetap terjaga.  Diakhir kuliah umum ini sebagai penghargaan kepada narasumber, Fakultas Pertanian memberikan Cendramata yang diserahkan langsung Wakil Dekan Fakultas Pertanian Dr. Adrianus, SP., M.P